Gita Larasati : Mimpi Lumajang menuju Kabupaten yang Lebih Sehat

Pemerintah Kabupaten Lumajang ingin lebih fokus dalam membentuk desa siaga, di mana penduduknya memiliki sumber daya dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah- masalah kesehatan, bencana dan kegawat daruratan.

Tapi keinginan tersebut membutuhkan perjuangan yang tidak biasa karena masih banyak ditemui permasalahan dalam pelaksanaannya, apa saja permasalahan dan langkah apa saja yang dilakukan untuk menciptakan desa siaga ini ? Sedikit kita korek dalam kesempatan ini.

Gerakan Ibu Membangun Desa dengan Hati atau Gita Larasati yang gencar dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang salah satunya merupakan gerakan untuk mengajak mesayarakat membangun desanya dengan upaya pemberdayaan dan gerakan berbasis masyarakat.

”Dengan Gita Larasati, TP-PKK Kecamatan dan Desa menjadi garda terdepan dalam upaya UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat) menuju Desa Siaga aktif,” jelas Kabid PKM Dinas Kesehatan Lumajang, Dr. Ria Cancerina.

Menurutnya, “dengan Gita Larasati, pihaknya berharap TP PKK Kecamatan dan Desa tergeraknya kemampuan dan terbangunnya kemampuan dalam membangun desanya. “Pendekatan yang dilakukan harus dengan hati, dikarenakan pemberdayaan selalu berhubungan dengan orang banyak, dalam hal ini masyarakat sekitarnya” begitu ungkapnya.

Ditegaskan lagi oleh beliau, “ sosialisasi akan terus dilakukan, yakni dari tingkat kecamatan terdiri dari ibu ketua TP-PKK Kecamatan, sedangkan dari tingkat desa sendiri ibu TP-PKK Desa yang akan dijadikan percontohan bidang kesehatan dan Kepala Puskesmas di masing-masing wilayah”.
”Pelaksanaaan sosialisasi ini tetap dilakukan di tingkat kabupatan dengan lama pelaksanaan dua hari,” terangnya.

Untuk meningkatkan semangat gerakan membangun keluarga sehat,  nantinya Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang akan memberikan semacam penghargaan sebagai wujud terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi atas keberlangsungan program Gita Larasati di Kabupaten Lumajang ini.

”Di antaranya penghargaan Parahita Pratama, Parahita Madya dan Parahita Paripurna,” ujarnya.

Dr. Ria juga mengatakan, ada pun kegiatan Gita Larasati, dalam rangka membentuk desa siaga aktif yakni mengiventarisi dan menganalisa masalah yang ada di masing-masing kecamatan maupun skala desa.

”Inventaris masalah dan potensi dapat dilakukan berdasarkan kalender musim, pemetaan dan kombinasi kalender musim dan pemetaan,” tukasnya.

Sedangkan Kasie PSM Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Nuruliah Hanifah, MKes mengatakan, Posyandu dan Poskentren merupakan salah satu UKBM yang sudah memasyarakat. ”Posyandu saat ini dapat secara langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagai upaya untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi,” katanya.

Namun, dalam pelaksanaannya UKBM ada yang berkembang dan ada yang tidak berkembang karena beberapa faktor pendorong dan penghambat yakni masih banyaknya permasalahan di semua tingkatan.

”Masalah-masalah tersebut jika diminimalkan maka UKBM bisa berjalan dengan maksimal,” ungkapnya. Dilanjutkan olehnya, masalah-masalah penghambat UKBM yakni belum optimalnya stake holder di wilayah pelaksanaan UKBM bersebut. “Yakni TP-PKK Kecamatan, ketua TP-PKK Desa, lintas sektor, toga,/toma dan masyarakat,” terangnya.

Belum lagi seringnya terjadi pergantian kader, budaya masyarakat yang tidak mendukung program kesehatan. ”Rendahnya dukungan dana untuk upaya kesehatan dan adanya anggapan bahwa program kesehatan adalah program milik orang kesehatan sebagai single fighter  dalam menangani masalah kesehatan, bisa menghambat UKBM,” tukasnya.

Meski, ada penghambat, jika ditilik dan dikaji, segala upaya permberdayaan sangat tergantung pada stake holder.


“Jika peran ketua TP PKK Desa dan Kecamatan  sangat berpengaruh pada program kesehatan yang bekesinambungan, maka tujuan untuk membentuk desa siaga aktif bisa lebih mudah,” pungkasnya. Semoga apa yang dilakukan dapat menjadikan Lumajang yang lebih sehat dan bermartabat seperti apa yang diharapkan seluruh masyarakat Lumajang. Salam Lumajang Sehat
thumbnail
Tentang KIM Pertiwi

KIM Pertiwi adalah Media Blog yang berfungsi untuk menyampaikan Informasi baik secara Lokal maupun secara Interlokal memberikan berbagai macam Informasi kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Sumbersuko maupun masyarakat Lumajang pada umumnya. Bagi Anda yang ingin berkomentar terkait Berita yang ditulis diatas kirimkan kepada kami. Terima kasih.

0 komentar