Ampun,... Meroketnya Harga Bawang Merah di Lumajang

Lumajang, Harga bawang merah di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur mengalami peningkatan dan menjadi kekhawatiran khusus bagi sejumlah pedagang ditengah semakin lesunya minat pembeli akibat semakin mahalnya sejumlah kebutuhan barang pokok lainnya. Dalam kurun waktu sepekan, harga bawang merah di pasaran kabupaten Lumajang mengalami kenaikan hampir 50 persen. Saat ini, harga bawang merah perkilogramnya telah menembus Rp 28.000,-/ perkilogramnya.

Sukemi (39), Pedagang, warga Kelurahan Citrodiwangsan, Kecamatan Kota Lumajang kepada Sentral FM, Kamis (26/3/2015), mengatakan bahwa sepekan lalu harga bawang merah berkisar Rp 20 .000,-/kilogramnya.

"Kenaikan harga bawang merah cepat sekali dalam seminggu ini. Awalnya perkilogram seharga Rp 20.000,- lalu naik lagi menjadi Rp 22.000,- naik lagi menjadi Rp 23.000,- sampai akhirnya saat ini harga perkilogramnya Rp 28.000,-" katanya.

Kondisi kenaikan harga bawang merah yang melejit ini, banyak menjadi pertanyaan bagi kalangan ibu rumah-tangga yang membeli komoditi ini. "Kok naik lagi, padahal kemarin sudah naik harganya," demikian kata kebanyakan pembeli.

Malambungnya harga bawang merah ini, lanjut dia, karena pasokan stok yang sedikit di pasaran. Hal itu disebabkan, pasokan dari petani juga kurang karena belum panen.

"Memang petani belum panen sehingga harga bawang merah juga naik. Apalagi di Lumajang ini juga bukan termasuk daerah penghasil bawang merah. Karena stoknya dikirim dari Brebes, Probolinggo dan daerah-daerah penghasil lainnya," jelasnya.


Tercatat, harga komoditi bahan pokok di pasaran yang mengalami kenaikan harga hanya bawang merah saja. Sedangkan harga komoditi lain, seperti cabe masih stabil." Untuk harga cabe masih stabil diangka Rp 14.000,- ribu. Hanya bawang merah saja yang harganya terus naik," pungkas dia. 
thumbnail
Tentang KIM Pertiwi

KIM Pertiwi adalah Media Blog yang berfungsi untuk menyampaikan Informasi baik secara Lokal maupun secara Interlokal memberikan berbagai macam Informasi kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Sumbersuko maupun masyarakat Lumajang pada umumnya. Bagi Anda yang ingin berkomentar terkait Berita yang ditulis diatas kirimkan kepada kami. Terima kasih.

0 komentar