Petani Tebu di Lumajang ancam buang 6 ribu Ton Gula ke Jalanan

Anak Kimcil, Analisis, B-29, Bagus Arif Haruno, Batik Lumajang, Bedah Rumah, Berita Capres, Berita Gerindra, Berita Hari ini, Berita KIM, Berita Lucu, Berita Lumajang, Berita Terbaru, Bisnis, Buat e-KTP di Lumajang Gratis, Bursa, Calon Presiden Prabowo Subianto, Capres 2014, Cara Cepat Terkenal, Dampak Positif Internet, Dana Sosial, Desa, Desa Arjosari, Desa Purwosono, Dukungan untuk Prabowo, e-KTP di Lumajang, e-KTP Masyarakat Lumajang, Ekonomi, Gempa Bumi hari ini, Hacking, Hasil Pilpres Lumajang, Hasil Real Qount, Humas Lumajang, Ilmu Pengetahuan, Indikator, Info Pendidikan, Ini Pohonku, Jambore PKK, Joko Widodo, Kabar KIM, Kabar Kimcil, Kabar Lumajang, Kabupaten, Kampung, Kamu harus Tahu, Kasus Sabu, Kecamatan, Kecamatan Sumbersuko, Kegiatan Sosial, Kelompok Informasi Masyarakat, Kesehatan, Keuangan, Kim, Kim Lumajang, Kisah Unik, Kriminal, LCCK, Lomba KIM, Lomba LCCK 2014, Lumajang, Lumajang ber e-KTP, Lumajang dilanda gempa, Lumajang Hari ini, Mantan Wagub Jabar, Menteri Baru, Mikrofinance, Nomor Urut 1, Obyektif, Pasir Lumajang, Pelayanan Publik, Pemandian Selokambang, Pembagian Dansos UP Sumbersuko, Pemerintahan Baru, Pendidikan, Penemuan Rahasia, Pengentasan Kemiskinan, Pengumuman, Perolehan kursi di Kabupaten Lumajang, Pileg Lumajang, Pilkades Lumajang, Pilkades Sumbersuko, Pilpres 2014, PNPM Lumajang, PNPM MPd Sumbersuko, Prabowo Gerindra, Prabowo Subianto, Purwosono, Rakor KIM Pertiwi, Renungan, RTM Sumbersuko, Rustriningsih, RUU Desa, Selamat Tahun Baru 2014, Selokambang, Senayan, Senduro, Serba Lumajang, Service, Service Komputer, Service Laptop, Sumbersuko, Sumbersuko Hari ini, Sumbersuko News, TP Desa Labruk Kidul, Trik SEO, Tutorial CCTV, Tutorial Rumah Tangga, UKM, Warta, Wisata, Wisata diatas awan, YIC
Petani Tebu Ngamuk di Lumajang
LumajangNews, Para petani tebu di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengacam akan membuang gula mereka ke jalanan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk protes atas rendahnya harga gula nasional saat ini.

“Kami akan menggelar protes pada Rabu (22/10) mendatang dengan melibatkan ratusan petani yang ada di Lumajang,” kata Sekretaris Himpunan Petani Tebu Rakyat (HPTR) Lumajang Budhi Susilo di Lumajang seperti dikutip Antara, Minggu (19/10/20104).

Diketahui, saat ini sekitar 6.000 ton gula milik petani di Lumajang menumpuk di berbagai lokasi karena mereka tidak mau menjualnya. Hal itu terjadi akibat rendahnya harga gula atau di bawah harga patokan petani (HPP) yang ditetapkan pemerintah Rp 8.500 per kilogram.

Rupanya aksi yang digelar kali ini merupakan puncak kekesalan petani tebu di Lumajang,karena sampai saat ini belum  menyelesaikan masalah deleveri order (DO) gula yang hingga kini belum cair. Para petani dibawah naungan PG Jatiroto berencana menggelar aksi yang lebih besar lagi agar persoalan para petani tebu segera mendapatkan solusi.  

“Lewat aksi ini kami ingin menggugah semua pihak yang terlibat dalam tata iaga gula ini, khususnya pemerintah untuk memperhatikan nasib petani,” kata lulusan Universitas Merdeka Malang ini. Untuk keperluan rencana aksi tersebut, HPTR Lumajang akan segera mengurus izin ke kepolisian setempat. Sesuai ketentuan, setiap rencana kegiatan yang melibatkan massa harus meminta izin atau melapor ke kepolisian.

Budhi menjelaskan bahwa hingga kini para petani tetap teguh pada pendirian semula untuk tidak menjual ribuan ton gula mereka jika harganya tidak sesuai harapan. Menurut Budhi, pemerintah sebetulnya sudah menetapkan harga patokan petani (HPP) gula Rp 8.500 per kilogram dari sebelunya Rp8.250, namun pada proses lelang peserta tidak ada yang berani membeli sesuai HPP tersebut.

“Karena itu gula hasil produksi di bawah PTPN XI tidak terjual, termasuk milik petani. Kami para petani sepakat untuk tidak menjual gula-gula itu kalau harganya tidak sesuai HPP,” katanya.
thumbnail
Tentang KIM Pertiwi

KIM Pertiwi adalah Media Blog yang berfungsi untuk menyampaikan Informasi baik secara Lokal maupun secara Interlokal memberikan berbagai macam Informasi kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Sumbersuko maupun masyarakat Lumajang pada umumnya. Bagi Anda yang ingin berkomentar terkait Berita yang ditulis diatas kirimkan kepada kami. Terima kasih.

0 komentar